Evaluasi Pendidikan

Ni Nengah Selasih

Abstract


ISBN : 978-602-74901-5-4

Evaluasi (penilaian) merupakan salah satu sub sistem yang penting dalam setiap sistem pendidikan. Dalam sistem pendidikan di Indonesia, evaluasi (penilaian) merupakan subsistem yang diatur dalam UU Nomor 2, tahun 1989, khususnya pada Bab XII, pasalpasal 43, 44, 45, dan 46. Penilaian merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan karena mencerminkan perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan dari satu waktu ke waktu yang lainnya. Di samping itu, berdasarkan penilaian, tingkat pencapaian prestasi pendidikan antara satu sekolah atau wilayah dengan sekolah atau wilayah lainnya dapat dibandingkan. Dalam karya ini, yang dimaksud dengan penilaian adalah evaluasi yang digunakan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini perlu ditegaskan karena sering terjadi kerancuan mengenai istilah atau pengertian penilaian dengan istilah lain yang terkait dengannya. Secara umum, penilaian atau evaluasi adalah suatu proses sistematik untuk mengetahui tingkat
keberhasilan dan efisiensi suatu program. Dalam membahas masalah penilaian di bidang pendidikan, ada beberapa istilah yang sering dipakai secara rancu, yaitu pengukuran, penilaian dan pengambilan keputusan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Dr Suharsini, 1987. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta

Chabib Thoha, Drs. M.A., M, 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan. Penerbit: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Eddy Soewardi Kartawidjaja, Drs. M.Pd, 1987. Pengukuran dan Hasil Evaluasi Belajar. Penerbit: Sinar Baru Bandung

Nurkancana, Drs. Wayan, Drs. PPN Sumartana, 1986. Evaluasi Pendidikan. Penerbit: Usaha Nasional Surabaya-Indonesia.

Suke Silverius,1991.Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Penerbit: PT Gramedia Widiasarana. Jakarta.

Suparma, Evaluasi Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. (Pelatihan Guru Bantu Sekolah Dasar Di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Bali

Selasih, N. N., & Sudarsana, I. K. (2018). Education Based on Ethnopedagogy in Maintaining and Conserving the Local Wisdom: A Literature Study. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(2), 293-306.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.

Sudarsana, I. K., & Arwani, G. P. Y. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pelaksanaan Dharmagita Pada Sekaa Teruna. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 1(1), 1-18.

Sudarsana, I. K. (2018). Pentingnya Sekolah Bertaraf Internasional di Bali. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 135-143.

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8-15.

Surapranata, Sumarna, 2004. Panduan Penulisan Tes tertulis (Implementasi Kurikulum 2004). Penerbit: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

-----------------, 1999. Pengelolaan Pengujian Bagi Guru Mata Pelajaran. Depdikbud Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Menengah Umum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jayapangus Press Books Indexed By:

 

Jayapangus Press Books site and its metadata are licensed under CC BY-SA