Paradigma Pedidikan Bermutu Berbasis Teknologi Pendidikan

I Ketut Sudarsana, Ni Luh Putu Seri Setia Dewi, Ni Putu Sukarmiasih, I Ketut Resna, Ida Ayu Made Putri Arini, Ni Wayan Restiti, I Wayan Suryawan, Tonni Limbong

Abstract


Dewasa ini perkembangan dunia pendidikan di Indonesia secara kuantitas mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga sudah sepatutnya perkembangan pendidikan tersebut disyukuri. namun sayangnya, perkembangan kuantitas pendidikan tersebut tidak diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan yang sepadan, hal ini mengakibatkan munculnya berbagai ketimpangan pendidikan di tengah-tengah masyarakat, yang sangat menonjol saat ini adalah ketimpangan antara kualitas luaran pendidikan dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan dan ketimpangan kualitas pendidikan antar desa dan kota, antar penduduk kaya dan penduduk miskin, pendidikan di Jawa dan luar Jawa, di samping itu di dunia pendidikan juga muncul dua problem yang lain yang tidak dapat dipisah dari problem pendidikan diatas yaitu bahwa pendidikan dijadikan sarana stratifikasi sosial dan pendidikan sebagai sarana transfer pengetahuan yang bersifat text-booklist, hal ini sebenarnya dapat di minimalisir dengan penerapan teknologi pendidikan yang tepat dalam proses belajar mengajar.

Dalam paradigma baru pendidikan, tujuan pembelajaran bukan hanya untuk merubah perilaku siswa, tetapi membentuk karakter dan sikap mental profesional yang berorientasi pada global mindset. Fokus pembelajarannya adalah pada ‘mempelajari cara belajar’ (learning how to learn) dan bukan hanya semata pada mempelajari substansi mata pelajaran. Sedangkan pendekatan, strategi dan metoda pembelajarannya adalah mengacu pada konsep konstruktivisme yang mendorong dan menghargai usaha belajar siswa dengan proses enquiry & discovery learning. Dengan pembelajaran konstruktivisme memungkinkan terjadinya pembelajaran berbasis masalah.

Siswa sebagai stakeholder terlibat langsung dengan masalah, dan tertantang untuk belajar menyelesaikan berbagai masalah yang relevan dengan kehidupan mereka. Dengan skenario pembelajaran berbasis masalah ini siswa akan berusaha memberdayakan seluruh potensi akademik dan strategi yang mereka miliki untuk menyelesaikan masalah secara individu/kelompok. Prinsip pembelajaran konstruktivisme yang berorientasi pada masalah dan tantangan akan menghasilkan sikap mental profesional, yang disebut research mindedness dalam pola pikir siswa, sehingga kegiatan pembelajaran selalu menantang dan menyenangkan

Tugas utama pemerintah dalam dunia pendidikan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak/karakter bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dewasa ini pengemban pendidikan terus berupaya mengembangkan pendidikan nasional guna menjawab berbagai tantangan dan perubahan yang terus berlangsung pada semua aspek kehidupan di negara Indonesia. Oleh karena itu, dikembangkan strategi baru pendidikan yang diimplementasikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan penerapan teknologi informasi dalam pendidikan seperti Pembelajaran melalui Informasi kommunikasi dan Teknologi. Di era global informasi tidak lain adalah bentuk aplikasi jenis-jenis teknologi informasi mutakhir sekaligus usaha memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pendidikan. Penggunaan teknologi dalam dunia pembelajaran memiliki manfaat yang sangat baik, karena dapat menambah wawasan berpikir dan mengurangi kebosanan.

Teknologi informasi dan komunikasi mempermudah kehidupan manusia. Jika menggunakan alat teknologi informasi dan komunikasi. Kehadiran komputer, internet, telepon seluler, dan berbagai alat teknologi informasi dan komunikasi membuat arus informasi semakin lancar. Teknologi informasi dan komunikasi sangat dirasakan kebutuhan kepentingannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses belajar mengajar yang menerapkan teknologi dalam pendidikan dapat berupa penggunaan modul, media belajar cetak, dan media elektronik seperti radio, TV, internet dan sistim jaringan komputer, serta bentuk-bentuk teredukasi lainnya dalam satu paket multimedia. Teknologi pendidikan lebih luas dari sekedar media pendidikan, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

Salah satu sasaran dari teknologi pendidikan ini akan terlihat di proses pendidikan pada umumnya dan proses pembelajaran pada khususnya lebih efisien, lebih efektif dan memberikan nilai tambah yang positif. Efektif dan efesien berarti upaya pendidikan yang dilakukan hendaknya dapat mencapai tujuan yang telah digariskan dengan sedikit mungkin mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu. Karena teknologi pendidikan memberikan kontribusi kemampuan pebelajar dengan berbagai media komunikasi, dan penyajian data informasi secara lebih kongkrit. Pengurangan pemisah antara pelajaran di dalam dan luar sekolah, memberikan pengetahuan langsung apa yang ada di luar sekolah dapat dibawa masuk ke kelas. Serta mengurangi kontrol pembelajaran yang kaku dan konvensional, juga memberikan kesempatan siswa belajar secara maksimal, dari karakteristik individu yang berbeda-beda, dengan adanya berbagai pilihan sumber belajar.

Tenologi pendidikan merupakan Studi dan praktik yang berlandaskan etika dalam menfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengelolaan berbagai proses dan sumber teknologi yang tepat (AECT pada tahun 2004). Teknologi pendidikan yang dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dapat dimanfaatkan untuk menunjang metode proses pembelajaran yang berkualitas, dengan teknologi pendidikan akan mengubah paradikma pendidikan ke arah yang lebih bermutu.

Penyusun buku yang berjudul “Paradigma Pendidikan Bermutu Berbasis Teknologi Pendidikan” diharapkan dapat membantu pembaca sekalian lebih paham bagaimana menciptakan pendidikan yang lebih bermutu dengan memanfaatkan teknologi pendidikan. Buku ini dapat tersusun dengan baik karena bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada keluarga, kerabat, sahabat, dan pihak-pihak lain yang tidak bisa penulis ucapkan satu persatu.

Penulis juga berharap kritik dan saran yang membangun untuk buku ini. Sebab, penulis sangat menyadari bahwa buku yang disusun ini masih jauh dari kesempurnaan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jayapangus Press Books Indexed By:

 

Jayapangus Press Books site and its metadata are licensed under CC BY-SA