Hindu: Masalah dan Pemaparannya

I Gede Rudia Adiputra, I Ketut Wisarja, I Wayan Mandra, I Made Girinata, I Wayan Redi, I Ketut Wardana, I Made Sugata, Ni Gusti Ayu Agung Nerawati, Ni Wayan Budiasih, I Nyoman Piartha

Abstract


ISBN  : 978-602-74901-8-5

Membahas masalah dari perspektif Hindu senantiasa menghadirkan lompatan-lompatan spektrum yang terkadang membuat seseorang terdiam. Rasa diam ini muncul bukan karena masalah itu dapat dijawan dengan tuntas, melainkan karena pertanyaan-pertanyaan atau masalah itu mendadak kehilangan signifikasinya. Perspektif yang diberikan terkadang melampaui dari pertanyaan itu sendiri dan membangun sebuah gugusan yang mana apa yang dipikirkan oleh pikiran tidak mendadak kehilangan eksistensinya. Masalah menjadi kehilangan landasannya. Ketika itu terjadi, hanya diam yang menjadi ekspresinya, diluar prinsip-prinsip dualitas yang mengungkungnya.

Kondisi ini telah banyak disebutkan oleh berbagai teks Hindu dengan mengatakan bahwa, ketika seseorang ‘mengetahui’ maka semua masalah secara otomatis menghilang. Maksudnya bukanlah masalah itu telah diselesaikan, melainkan masalah itu tidak lagi memiliki pondasi. Ketika orang mengetahui, maka ia akan menjadi segala-galanya. Kata ‘mengetahui’ disini berbeda dengan konsep epistemologi yang berkembang belakangan ini. Mengetahui yang dimaksudkan adalah ketika si subjek telah menjadi pengetahuan itu sendiri. Ketika orang mengalaminya, inilah yang membuat orang itu terdiam. Kata-kata telah kehilangan makna dan jatuh ke dalam pengetahuan. Dirinya kemudian mnejadi tanpa batas.

Karya ini merupakan kumpulan beberapa artikel yang membahas berbagai permasalahan kehidupan dari perspektif Hindu. Setiap artikel mencoba membahas di dalam batasannya sendiri-sendiri dan untuk permasalahan yang sangat spesifik. Artikel-artikel ini memberikan ruang kepada pembaca untuk menikmati berbagai jenis permasalahan khusus dengan solusi khusus, materi tertentu dengan analisis khusus sehingga menjadi sangat kaya informasi. Memang kelemahannya adalah satu artikel dengan artikel lainnya tidak salah terkait untuk membahas satu masalah besar, melainkan setiap artikel menguraikan satu tema masalah yang dibahas. Tetapi, keunggulannya adalah banyaknya tema yang ada tentu akan menyediakan berbagai informasi, sehingga dengan membaca satu buku ini akan didapat banyak informasi yang berbeda-beda. Semoga karya ini memberikan dampak dalam perkembangan keilmuan, khususnya Hindu.


Full Text:

PDF

References


Abdulgani, Roeslan, 2002. Bencana Alam Buatan Manusia. Artikel di Harian BaliPost, 8 Februari 2002.

Adnyani, N. K. S., & Sudarsana, I. K. (2017). Tradisi Makincang-Kincung Pada Pura Batur Sari Dusun Munduk Tumpeng Di Desa Berangbang Kecamatan Negara Negara Kabupaten Jembrana (Perspektif Pendidikan Agama Hindu). Jurnal Penelitian Agama Hindu, 1(2), 225-231.

Bakker, Anton, 1995. Kosmologi & Ekologi, Filsafat tentang Kosmos sebagai Rumahtangga Manusia. Kanisius: Yogyakarta.

Bawa-Atmaja, I Nengah, 2004. Kearifan Lokal dan Agama Pasar. (makalah) Matrikulasi Program Pascasarjana S2 Kajian Budaya Universitas Udayana: Denpasar.

Bintarto, H.R., 1996/1997. Ekologi Manusia IL-614. Bahan Ajar Program Pascasarjana S2 Ilmu Lingkungan Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Dewi, N. P. S. R., & Sudarsana, I. K. (2017). Eksistensi Pura Teledu Nginyah Pada Era Posmodern Di Desa Gumbrih Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana (Perspektif Pendidikan Agama Hindu). Jurnal Penelitian Agama Hindu, 1(2), 412-417.

Dewi, N. K. A. S. R., & Sudarsana, I. K. (2017). Upacara Bayuh Oton Uda Yadnya Di Desa Pakraman Sidakarya Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 1(2), 384-389.

Donder, I Ketut dan Wisarja, I Ketut, 2009. Teologi Sosial; Persoalan Agama dan Kemanusiaan Perspektif Hindu. Impulse: Yogyakarta.

Herawan, K. D., & Sudarsana, I. K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223-236.

Kadjeng, I Nyoman. 1970. Sarasamuscaya. Jakarta: Ditjen Bimas Hindu dan Budha Dep. Agama RI.

Kadjeng, I Nyoman dkk, 2004. Sarasamuscaya. Surabaya: Paramita

Mathieson, Alister and Geoffrey Wall, 1992. Torism, Economic, Physical and Sosial Impacts. John Wily & Sons. Inc.: New York.

Maswinara, I Wayan, 2001, Paràsara Dharmasàstra(Veda Smrti Untuk Kaliyuga), Surabaya: Paramita

Maswinara, I Wayan, 2003, Bhagavad Gita, Surabaya: Paramita

Pudja, Gde, 2004. Bhagawadgita. Surabaya: Paramita

Pudja, Gde, 2013. Bhagawadgita. Surabaya: Paramita

Pudja, Gde, 1984. Sarasamuscaya. Mayasari Bhakti: Jakarta.

Pudja, Gde, 1981/1982. Pedoman Penerangan Agama Hindu Tentang Agama Hindu dan Lingkungan Hidup. Hasil Penelitian Proyek Seminar Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-Aspek Agama Hindu: Denpasar.

Pudja, Gde, 2002. Pangkaja, Jurnal Agama Hindu. Nomor 4 Th III, Maret 2002, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Denpasar: Denpasar.

Pudja, G., dan Sudharta, Tjokorda Rai, 2004. Manawa Dharmasastra. Surabaya: Paramita

Salim, Dr. Emil, 1979. Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Mutiara: Jakarta.

Sastroamidjojo, Koestito, 2002. Hutan Tulang Punggung Kehidupan. Artikel di Majalah Intisari, Februari 2002.

Sugiharta, I. P. S. O., & Sudarsana, I. K. (2017). Hypnotic Learning Characteristics On Sisya Brahmakunta Community In Denpasar. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(2), 132-145.

Sunarta, N., 2001. Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Lingkungan Fisik. Makalah Matrikulasi Program Magister Pariwisata Unud, 14 Agustus 2001.

Wirjosumarto, Dadi Setia Kusnadi, 1973. Manusia dan Lingkungan. Lembaga Penelitian Pendidikan Kependidikan IKIP Bandung: Bandung.

Wisarja, I. K., & Sudarsana, I. K. (2017). REFLEKSI KRITIS IDEOLOGI PENDIDIKAN KONSERVATISME DAN LIBRALISME MENUJU PARADIGMA BARU PENDIDIKAN. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 283-291.

Wisarja, I. K., & Sudarsana, I. K. (2017). Praksis Pendidikan Menurut Habermas (Rekonstruksi Teori Evolusi Sosial Melalui Proses Belajar Masyarakat). Indonesian Journal of Educational Research, 2(1), 18-26.

Wulandari, K., & Sudarsana, I. K. (2017). Eksistensi Pura Ratu Gede Empu Jagat D Desa Sangkaragung Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 1(2), 252-256.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jayapangus Press Books Indexed By:

 

Jayapangus Press Books site and its metadata are licensed under CC BY-SA